Beranda Tips Blogging Ini Cara Termudah Mengirim File Lebih dari 25 MB lewat Gmail

Ini Cara Termudah Mengirim File Lebih dari 25 MB lewat Gmail

13
0

Full Time Blogging Or Full Time BloggerDi platform Gmail, Google membolehkan penggunanya melampirkan sejumlah file (attachment) dengan ukuran keseluruhan mencapai 25 MB.

Kuota tersebut terbilang kecil dan seringkali tidak cukup, apalagi jika pengguna ingin mengirimkan sejumlah gambar beresolusi tinggi.

Namun, ternyata ada cara yang bisa digunakan untuk mengirim file dengan ukuran lebih besar lewat layanan e-mail Google itu. Simak langkah-langkah berikut.

Upload file via Google Drive

Untuk mengirim file berukuran besar, pengguna bisa memanfaatkan Google Drive. Layanan cloud storage ini tersedia untuk semua pengguna Gmail secara otomatis dan bisa digunakan dengan login menggunakan akun Google.

Google Drive menyediakan kapasitas penyimpanan 15 GB secara cuma-cuma alias gratis. Pengguna bisa meningkatkan angkanya hingga 100 GB atau maksimal 30 TB dengan membayar biaya langganan.

Untuk mengirim file lewat Gmail, sebelumnya pengguna mesti mengunggah berkas dimaksud terlebih dahulu ke Google Drive. Bukalah aplikasi Goolge Drive atau kunjungi situs drive.google.com, kemudian pilih dan unggah file yang ingin dikirim.

Cara mengunggahnya sendiri terbilang sederhana. Pengguna cukup meng-klik ikon “+” di halaman depan Google Drive. Lalu, pilih ikon “Upload”.

Kemudian, pengguna akan disodorkan dengan tampilan daftar file atau gambar yang tersimpan di media penyimmpanan ponsel atau PC. Di sini, pilih file yang ingin dikirim dan kemudian klik tombol “Open”.

Semua jenis file bisa diunggah, mulai dari dokumen teks, foto, hingga video resolusi tinggi, asalkan ukurannya tidak melebihi batas penyimpanan Google Drive (15 GB untuk penggunaan gratis, atau hingga 30 TB untuk penggunaan berbayar tadi).

Tunggu beberapa saat hingga proses upload selesai. Setelah itu, pengguna pun bisa langsung beralih ke aplikasi Gmail.

Cara menyisipkan file Google Drive ke Gmail

Buka aplikasi Gmail kemudian klik ikon “+” di tampilan awal aplikasi untuk membuat email baru. Pastikan email yang dipakai untuk mengirim sama dengan email Google Drive.

Setelah itu, pilih ikon “klip” kemudian pilih opsi “Insert from Drive”.

Beberapa saat kemudian, akan muncul seluruh isi berikut folder yang telah tersimpan di dalam Google Drive pengguna.

Selanjutnya, pilih file yang telah diunggah tadi, kemudian klik tombol “Select”. Perlu diingat, pengguna tidak bisa memilih seluruh file yang ada secara sekaligus. Artinya, pengguna harus memilih file Google Drive ini satu per satu.

Setelah menyertakan file Google Drive, pengguna pun lantas bisa langsung mengirim file tersebut. Sesaat setelah menekan tombol “Send”, pengguna bakal disuguhi dengan halaman pop-up “Sharing options”.

Pilih opsi “Recipients of this email: Can view” agar sang penerima email bisa melihat konten dari file Google Drive yang dilampirkan tadi. Terakhir, klik tombol “Send”. Penerima nantinya bakal bisa mengunduh file berukuran besar dari Google Drive pengirim.

Perlu dicatat, pengguna juga dapat mengirimkan file Google Drive bersamaan dengan file attachment yang diunggah secara langsung, tentunya dengan syarat jumlah ukuran file keseluruhan tidak melebihi 25 MB.

File Google Drive yang dilampirkan sendiri tidak dihitung dalam kuota pengiriman data oleh Gmail, sehingga pengguna bisa mengirim file hingga belasan GB, asalkan kuota Google Drive masih ada.

Semoga Bermanfaat

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.