Beranda Artikel Umum Tata Cara Sholat Dhuha Yang Benar

Tata Cara Sholat Dhuha Yang Benar

188
0

Salam Hangat Sahabaku…

Shalat Dhuha merupakan shalat yang dahsyat dalam menggapai impian kita dan dapat memperlancar rizki kita. Bagaimana cara melakukan dan tata cara yang benar dalam melaksanakan shalat dhuha? berikut kami tuliskan dengan singkat. oh ya sahabat Untuk Penjelasan tentang shalat dhuhanya anda bisa baca di artikel berikut Rahasia Sholat Dhuha Menggapai SUKSES

Berikut ini tata cara melakukan sholat dhuha yang benar menurut para ulama :

TATA CARA SHALAT DHUHA

  1. Berniat untuk melaksanakan shalat sunat Dhuha setiap 2 rakaat 1 salam. Seperti biasa bahwa niat itu tidak harus dilafazkan, karena niat sudah dianggap cukup meski hanya di dalam hati.
  2. Membaca surah Al-Fatihah
  3. Membaca surah Asy-Syamsu (QS:91) pada rakaat pertama, atau cukup dengan membaca Qulya (QS:109) jika tidak hafal surah Asy-Syamsu itu.
  4. Membaca surah Adh-Dhuha (QS:93) pada rakaat kedua, atau cukup dengan   membaca Qulhu (QS:112) jika tidak hafal surah Adh-Dhuha.
  5. Rukuk, iktidal, sujud, duduk dua sujud, tasyahud dan salam adalah sama sebagaimana tata cara pelaksanaan shalat fardhu.
  6. Menutup shalat Dhuha dengan berdoa. Inipun bukan sesuatu yang wajib, hanya saja berdoa adalah kebiasaan yang sangat baik dan dianjurkan sebagai tanda penghambaan kita kepada ALLAH.

Sebagaimana shalat sunat lainnya, Dhuha dikerjakan dengan 2 rakaat 2 rakaat, artinya pada setiap 2 rakaat harus diakhiri dengan 1 kali salam.

Adapun surah-surah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.